Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia
Kesehatan, Pengetahuan

Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia – Organ pernafasan manusia mempunyai fungsi dalam membantu proses masuk dan keluarnya udara dari dalam saluran pernapasan. Pernafasan sendiri dalam prosesnya dibagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal.

Dalam pernafasan eksternal, terjadi pertukaran udara antara darah dan atmosfer yang ada di paru-paru tepatnya permukaan alveolus. Sedangkan pernafasan internal pertukaran udara terjadi antara sel-sel tubuh dan darah.

Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem pernapasan tubuh kita sendiri mempunyai struktur dan fungsi yang kompleks serta melibatkan beberapa organ. Untuk lebih jelasnya, berikut Urutan Sistem Pernapasan Pada Manusia :

1. Rongga Hidung

Hidung yang terdiri dari lubang dan ronggo hidung menjadi organ pernapasan yang pertama. Di dalam organ ini terdapat bulu atau rambut hidung dan selaput lendir. Fungsi dari bulu hidung ini adalah untuk menyaring udara agar kotoran tidak masuk ke dalam saluran pernafasan tubuh.

Sedangkan selaput lendir mempunyai fungsi untuk mengatur suhu dan kelembaban udara agar sesuai dengan tubuh. Di dalam rongga hidung juga terdapat ujung-ujung saraf pembau untuk membantu penciuman bau. Udara yang masuk pada rongga hidung mengalami 3 proses yaitu :

  • Penyaringan udara
  • Penghangatan udara
  • Pengaturan kelembaban udara

2. Pangkal Tenggorokan (Laring)

Setelah melalui rongga hidung, selanjutnya udara akan memasuki laring. Organ laring ini berfungsi sebagai tempat menempelnya selaput atau pita suara.

3. Trakea (Batang Tenggorokan)

Trakea yang ada di depan kerongkongan ini tersusun atas tulang-tulang rawan yang menyerupai cincin. Ketika kita berbicara maka katup yang ada di trakea akan menutup, fungsinya agar saluran makanan tertutup dan membuka saluran pernafasan. Saat kita menelan makanan maka katup akan terbuka sehingga saluran makanan terbuka dan saluran pernafasan tertutup.

4. Bronkus (Cabang Batang Tenggorokan)

Organ pernafasan selanjutnya adalan Bronkus. Organ yang berbentuk cabang tenggorokan ini menyambung antara trakea dan paru-paru.

5. Bronkiolus (Anak Cabang Tenggorokan)

Percabangan bronkus yang ada dalam paru-paru yang disebut bronkiolus menjadi organ selanjutnya. Pada paru-paru sebelah kanan mempunyai 3 lobus, sedangkan sebelah kiri ada 2 lobus.

6. Paru-paru

Organ terakhir dalam urutan sistem pernapasan pada manusia adalah paru-paru yang ada di rongga dada. Organ ini terdiri dari bronkiolus, cabang dari bronkus dan alveolus atau ujung bronkus yang menjadi tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida.

Proses pernapasan manusia

Secara garis besar, proses pernafasan manusia terdiri dari 2 proses. Kedua proses tersebut adalah inspirasi (proses menghirup udara) dan ekspirasi (proses penghembusan udara). Ketika proses inspirasi, udara akan melewati hidung, faring, laring, trakea menuju ke bronkus.

Setelah melalui bronkiolus selanjutnya udara akan masuk ke paru-paru. Kemudian udara akan berakhir di alveolus yang menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Darah kemudian akan menyerap oksigen dan karbondioksida akan dihembuskan melalui nafas.

Secara teknik, pernafasan manusia dibagi menjadi 2 yaitu pernafasan dada dan perut. Pada pernafasan dada terjadi karena adanya gerakan tulang rusuk oleh otot-otot antar rusuk. Ketika otot antar rusuk berkontraksi / mengerut maka terjadi pengambilan udara.

Pada saat itu tulang rusuk akan terangkat ke atas yang menyebabkan rongga dada dan paru-paru membesar. Pada pernafasan perut merupakan pernafasan yang melibatkan otot diafragma. Pada saat kita bernafas dengan cara ini maka perut kita akan membesar dan mengecil.

Itulah urutan sistem pernafasan tubuh kita, semua proses tersebut berlangsung di sepanjang kita masih hidup. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah pengetahuan untukmu. Dapatkan informasi menarik lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *