Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja
Pengetahuan

Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja

Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja – Mencari pekerjaan yang sesuai adalah hal yang banyak dilakukan oleh para fresh graduate. Termasuk pula bagi karyawan yang masih bekerja pada sebuah perusahaan, mulai dari ingin nasib yang lebih baik hingga tantangan baru.

Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja

Setelah menemukan berbagai info loker terbaru dan dirasa ada yang cocok tentu selanjutnya kita akan mempersiapkan lamaran kita. Berbagai dokumen kelengkapan tentu akan disiapkan sebaik mungkin.

Baca Juga : Info Loker Sales Marketing Purwokerto

Meskipun kini banyak perusahaan yang membolehkan calon karyawannya mengirimkan lamaran melalui email, namun mengirim lamaran secara langsung juga tidak ada salahnya. Mengirim lamaran secara langsung memiliki beberapa keunggulan yaitu :

  • Terkesan lebih berminat mendaftar.
  • Sedikit tahu kondisi perusahaan yang dilamar (setidaknya tahu bagian cs / front office).
  • Memberikan kesan yang baik diawal.
  • Tahu dengan pasti lokasi perusahaan bila lolos tahap selanjutnya, dsb.

Tips Mengantar Surat Lamaran Kerja

Namun ketika kamu akan mengirimkan lamaran pekerjaan secara langsung ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun terkesan sepele, namun tips mengantar surat lamaran kerja bisa menambah peluangmu untuk diterima. Berikut beberapa tips tersebut :

1. Cek kembali nama perusahaan

Meskipun terlihat sepele, namun penulisan nama perusahaan yang benar-benar akan menjadi kesan pertama yang baik. kadang ada perusahaan punya nama formal dan nama branding tersendiri atau nama di sosmednya. Pastikan nama perusahaan yang formal ditulis dengan benar, tentunya kamu perlu mencari tahu lebih lanjut. Hal ini juga dapat menunjukkan keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.

2. Tulis nama Manajer HR atau orang yang dituju dengan lebih spesifik

Umumnya lamaran diajukan ke bagian HR perusahaan, biasanya pelamar hanya akan menuliskan bagian HR perusahaan sebagai penerima surat lamaran. Kamu bisa memberikan nilai lebih bila kamu menuliskan dengan lengkap nama dari bagian HR tersebut. Ini akan lebih menunjukkan keseriusanmu dalam melamar di perusahaan tersebut. Kamu bisa mencari tahunya lewat website perusahaan, sosial media, dan berbagai media lainnya.

3. Pastikan kontak pribadimu terlihat formal dan aktif

Hal penting lainnya yang harus kamu cantumkan dalam surat lamaran adalah kontak pribadi. Bila lamaranmu lolos tentu perusahaan akan menghubungimu, karenanya pastikan kontak pribadi seperti nomer HP dan WA-mu dalam keadaan aktif. Disarankan untuk tidak menggunakan nama anonim / alay, dsb pada whatsapp-mu, dan juga jangan menggunakan foto profil yang tidak sopan. Bila kamu juga mencantumkan alamat email, pastikan kamu menggunakan alamat email yang terkesan profesional.

4. Perhatikan tanggal penulisan surat

Jika kamu sedang melamar pekerjaan dibanyak perusahaan, biasanya kamu susah menyiapkan file surat lamaran yang siap diedit. Selain nama perusahaan dan posisi yang akan dilamar, pastikan kamu juga mengganti tanggal surat. Terkadang hal sepele seperti ini yang justru sering terlewatkan, jadi pastikan kamu sudah menggantinya sebelum mengirimkannya.

5. Cek kembali tata bahasa dan ejaan

Meskipun kamu sudah yakin dengan lamaran yang akan dikirimkan, sebaiknya kamu menelitinya kembali. Pastikan tulisanmu sudah jelas dan rapi, periksa pula tata bahasa dan ejaan pada surat lamaranmu. Karena bersifat formal, pastikan surat lamaran yang kamu tulis menggunakan EYD yang baik dan benar.

6. Mengenakan pakaian yang sopan dan rapi

Meskipun kamu hanya akan mengirimkan lamaran kemudian pergi yang notabennya hanya sebentar, namun pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan. Sebaiknya kamu mengenakan kemeja yang rapi dan bersepatu agar terkesan memang bersungguh-sungguh ingin melamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *