Proses Pembentukan Urine Terjadi di Dalam Ginjal
Kesehatan, Pengetahuan

Proses Pembentukan Urine Terjadi di Dalam Ginjal

Proses Pembentukan Urine – Urine atau air kencing adalah zat buangan yang dikeluarkan tubuh sebagai hasil metabolismenya. Apabila kita mengkonsumsi air maka selang berapa waktu tubuh akan mengeluarkannya dalam bentuk urine.

Proses Pembentukan Urine Terjadi di Dalam Ginjal

Tubuh mengeluarkan urine sebagai respon akan kelebihan air dalam tubuh sekaligus mengeluarkan limbah tubuh. Dalam proses pembentukan urine hingga pengeluarannya, organ ginjal mempunyai fungsi penting.

Selain memproduksi urine, ginjal juga akan menyaring limbah dari darah sehingga fungsinya cukup vital. Apabila fungsi ginjal terganggu maka racun dan limbah akan menumpuk dalam tubuh dan menurunkan kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan berbagai bahan kimia seperti natrium, kalium dan air. Karenanya orang yang mempunyai penyakit ginjal harus rutin menjalani cuci darah hingga melakukan cangkok ginjal.

Proses Pembentukan Urine di Dalam Tubuh

Namun dalam proses pembentukan urine organ seperti ureter, kandung kemih, sampai uretra juga berperan penting. Lantas bagaimana urine terbentuk dalam tubuh kita, berikut prosesnya :

1. Penyaringan air dan zat lain dari aliran darah

Proses penyaringan / filtrasi merupakan proses awal dimana air dan zat lain dalam darah akan disaring. Bagian organ ginjal yang bernama glomerulus terlibat dalam proses ini. Bagian ini adalah jaringan kapiler yang dikelilingi kapsul glomerulus / bowman yang strukturnya seperti cangkir.

Tahukah kamu bahwa ada lebih dari satu juta struktur kecil yang bernama nefron pada ginjal kita. Tiap nefron sendiri mempunyai glomerulus untuk menyaring darah. Ketika ginjal dialiri darah berupa pembuluh darah halus, maka tekanannya akan mendorong air dan zat terlarut lainnya untuk melalui membran penyaring.

2. Pemisahan sel darah, protein dan zat larut lainnya

Proses selanjutnya adalah penyerapan kembali oleh bagian membran penyaringan ginjal. Air dan zat terlarut lainnya akan disaring di membran filtrasi. Pada proses ini juga berguna untuk menjaga sel darah dan protein besar ada dalam aliran darah.

Di dalam glomerolus, cairan dari pembuluh darah kapiler akan terdorong oleh tekanan darah ke membran filtrasi menuju kapsul glomerolus. Disini air dan zat larut berukuran kecil dapat masuk namun sel darah dan protein besar akan lewat.

Dengan begitu sel darah dan protein besar akan tetap ada dalam aliran darah. Sedangkan cairan maupun zat yang dapat melewati membran akan menuju bagian lain dari ginjal yaitu nefron. Keduanya akan melewati kapsul glomerolus lebih dulu.

3. Reabsorbsi nutrisi di glomerulus

Proses reabsorbsi atau penyerapan kembali menjadi proses selanjutnya, fungsinya adalah untuk memindah nutrisi dan air kembali ke aliran darah. Air dan zat larut dalam darah akan disaring di glomerulus, hasilnya berupa zat yang dibutuhkan tubuh seperti ion, glukosa, protein kecil dan asam amino.

Setelah glomerulus mengeluarkan filtrat maka zat tersebut akan dialirkan kembali ke saluran di nefron yang bernama tubulus ginjal. Pada proses ini, zat penting yang diperlukan tubuh dan sebagian air diserap kembali oleh dinding pembuluh darah kapiler yang terdekat.

4. Proses sekresi urine

Zat hasil penyaringan glomerulus akan dialirkan kembali ke tempat penyerapan nutrisi dan air pada tubulus ginjal. Ion limbah dan ion hidrogen di saat yang bersamaan akan mengalir dari pembuluh darah kapiler menuju tubulus ginjal.

Ion yang disekresi akan bercampur dengan zat sisa penyaringan yang nantinya akan menjadi urine. Proses ini disebut dengan sekresi. Setelah semua proses tersebut urine akan dikeluarkan dari ginjal ke pelvis ginjal diteruskan ke ureter kemudian turun ke kandung kemih.

Kandungan urine yang kita keluarkan komposisinya sekitar 95% berupa air dan 5% berupa limbah. Limbah ini antara lain adalah urea, kreatinin, asam urat, amonia, kalium, natrium, kalsium dan hidrogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *