Menu Makan Malam Sehat
Kesehatan, Pengetahuan

Menu Makan Malam Sehat

Menu Makan Malam Sehat – Meski pada malam hari umumnya tidak membutuhkan terlalu banyak energi, bukan berarti kita tidak butuh makan sama sekali. Maka dari itu, pastikanlah untuk menyantap menu makan malam yang sehat setiap hari.

Menu Makan Malam Sehat

Beragam makanan yang dikonsumsi setiap malam harus diperhatikan kandungan nutrisinya. Apabila salah dalam memilih menu makanan atau makan terlalu banyak, maka berat badan menjadi bertambah.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan, konsumsilah makanan yang sehat serta penuh gizi saat malam hari. Selain itu, perhatikanlah porsi makanan yang yang disantap pada malam hari.

Menu Makan Malam Sehat

Jangan sampai karena sedang menyantap hidangan favorit, akhirnya kalap serta makan secara berlebihan. Lalu, makanan apa saja yang baik untuk disantap pada malam hari? Melansir berbagai sumber, berikut merupakan sejumlah menu makan malam lezat serta sehat, antara lain :

1. Tempe dan Tahu

Daftar menu makan malam sehat ini berasal dari makanan khas Indonesia, tempe dan tahu. Selain mudah dibuat, tempe dan tahu memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh.

Sebanyak 166 gram tempe saja sudah mengandung 31 gram protein, sehingga akan merasa kenyang lebih lama. Sementara tahu, memiliki kandungan zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Sayur Bayam

Sayur bayam bisa didapatkan di semua pasar dengan harga yang sangat murah. Cara membuat sayur bayam pun cukup mudah serta tidak membutuhkan banyak bumbu. Meski tampak sederhana, sayur bayam memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu tubuh membakar lemak dalam tubuh.

Selain itu, sayur bayam juga sangat rendah kalori serta karbohidrat. Untuk menambah rasa, bisa menambahkan beragam bahan lain, misalnya jagung dan juga tomat ke dalam olahan sayur bayam.

3. Sup Ayam

Menu makan malam sehat yang sederhana selanjutnya yaitu sup ayam. Selain cara membuatnya yang mudah, tubuh akan mendapat banyak kandungan nutrisi. Hal itu dikarenakan dalam sayur sup, terdapat berbagai jenis sayuran antara lain wortel, kentang, ayam, dan lain-lain yang memiliki sejumlah kandungan vitamin dan juga protein.

4. Ikan

Apabila memerlukan daging yang kaya akan protein dan juga vitamin, ikan menjadi jawabannya. Beberapa jenis ikan, semisal salmon, tuna, dan juga makerel memiliki kandungan vitamin D dan juga asam lemak omega 3. Selain menjadi asupan nutrisi yang menyehatkan, ikan juga dipercaya akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Mie Zucchini

Bila bosan dengan nasi, mie zucchini dapat menjadi solusi alternatifnya. Bahan mie ini terbuat dari timun Jepang yang rendah kalori. Untuk menambah kelezatan mie ini, dapat dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya, misal dada ayam. Kalori yang rendah dari mie zucchini ditambah asupan protein dada ayam maka akan membuat tubuh menjadi semakin sehat.

6. Telur Dadar Sehat

Telur dadar yang memiliki banyak protein bisa menjadi alternatif menu makan malam yang sehat. Untuk menambah rasa, dapat mencampur jamur serta bayam dalam adonan telur dadar yang dibuat. Kombinasi telur serta bayam yang kaya akan vitamin A dijamin akan menjaga kesehatan mata.

7. Quinoa untuk Menu Makan Malam Sehat

Mungkin beberapa diantara kalian masih terdengar asing dengan makanan bernama Quinoa. Makanan berupa biji-bijian yang berasal dari tanaman chenopodium quinoa ini memiliki kandungan asam lemak omega dan juga asam folat.

Untuk menyajikan quinoa secara baik, rebuslah quinoa dalam air mendidih. Apabila biji quinoa sudah melunak secara sempurna, hidangkanlah menu ini di meja makan. Agar quinoa terasa lezat, dapat mengkombinasikan dengan sepotong dada ayam yang rendah lemak dan juga kaya protein.

8. Nasi Kembang Kol

Jika kalian sedang diet serta harus menghindari nasi,maka nasi kembang kol bisa menjadi alternatifnya. Supaya semakin lezat, kombinasikanlah satu porsi nasi kembang kol dengan daging ayam dan juga sayur lainnya.

9. Salad Buah

Menu makan malam sehat yang terakhir yakni salad buah. Makanan ini cocok dikonsumsi sebagai menu pencuci mulut. Kalian dapat mengkombinasikan salad buah dengan berbagai jenis sayur.

Kombinasi sayur serta buah-buahan segar tidak hanya menyehatkan, namun membuat tenggorokan dan juga perut terasa segar. Beberapa bahan makanan yang bisa dimasukkan dalam salad diantaranya yakni selada, kubis, wortel, anggur, buah naga, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *