Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil
Kesehatan, Pengetahuan

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil – Bagi umat Islam, buah kurma merupakan buah yang spesial. Bahkan kurma juga menjadi makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, tentu saja buah ini mengandung banyak manfaat.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Tidak hanya buahnya, bahkan sari kurmanya juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sari kurma mempunyai banyak nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam sari kurma juga sama dengan buahnya, namun tekstur dan bentuknya sudah lebih mudah dicerna.

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Nutrisi seperti Vitamin A, B6, K, zat besi, folat hingga magnesium terkandung dalam sari kurma. Karenanya ini bisa menjadi rekomendasi bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Lebih jelasnya, berikut manfaat sari kurma untuk ibu hamil :

1. Sumber Energi yang Baik

Kandungan karbohidrat dan gula alami seperti glukosa, fruktosa serta sukrosa bisa menjadi sumber energi yang baik dan bermanfaat bagi ibu hamil. Selain itu, sari kurma juga dapat dikonsumsi kapan saja sehingga dapat dijadikan cemilan sehat bagi ibu hamil.

2. Meningkatkan Kadar Oksigen

Khasiat selanjutnya yang akan didapat bagi ibu hamil adalah meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Kandungan zat besi dalam buah kurma yang cukup tinggi membantu dalam memasok oksigen dalam darah. Zat besi sendiri di dalam hemoglobin akan menentukan tinggi rendahnya kadar oksigen dalam darah.

3. Mengatasi Anemia

Lagi-lagi kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam buah kurma selain dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam darah, juga dapat mengatasi anemia. Karenanya ibu hamil yang mempunyai riwayat anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi sari kurma.

4. Mengatasi Gangguan Usus

Kurma yang mengandung serat tinggi dan tidak mudah larut dapat membantu mengatasi gangguan usus. Selain itu kandungan asam aminonya juga dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan.

5. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Sari kurma juga mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil yaitu asam folat. Kandungan ini sendiri adalah nutrisi yang cukup vital untuk menurunkan resiko terjadinya cacat lahir pada bayi. Bahkan asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak serta sistem saraf selama menyusui.

6. Mengatasi Sembelit

Ketika ibu hamil sudah memasuki trimester akhir terkadang sering mengalami gangguan pencernaan karena kehamilannya. Sembelit atau kondisi susah buang air besar dalam waktu yang cukup lama adalah salah satu contohnya.

Kandungan serat dalam sari kurma dapat membantu meringankan gangguan tersebut selama kehamilan. Rutin mengkonsumsi sari kurma dapat mempermudah serta melancarkan buang air besar untuk ibu hamil.

7. Sumber Protein Bagi Bayi

Selain kandungan gula alaminya, sari kurma juga banyak mengandung protein serta vitamin esensial lainnya. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang baik untuk si jabang bayi. Bahkan apabila bayi telah lahir dan lepas dari ASI, sari kurma bisa menjadi pilihan sebagai menu wajib si kecil.

8. Menutrisi Bayi dan Ibunya

Salah satu vitamin esensial yang terkandung dalam kurma adalah vitamin K. Vitamin ini bermanfaat untuk menghindari masalah perkembangan tulang bagi si bayi dan dapat menguatkan tulang untuk ibunya.

Selain itu kandungan magnesiumnya akan menutrisi bayi agar memiliki struktur tulang dan gigi yang baik dan mencegah masalah hati dan ginjal. Karenanya rutin mengkonsumsi sari kurma dianjurkan bagi ibu hamil.

9. Membantu Proses Persalinan

Manfaat terakhir dari sari kurma adalah dapat memudahkan proses persalinan ibu hamil. Sari kurma akan membantu menghasilkan hormon oksitosin yang akan memperkuat kontraksi otot rahim ketika persalinan.

Karenanya rutinlah mengkonsumsi sari kurma agar kelak ketika persalinan tidak perlu meminum obat oksitosin. Obat ini umumnya akan diberikan oleh petugas medis untuk memperlancar proses persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *