Manfaat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur
Kesehatan

Manfaat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur

Manfaat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur – Manfaat Telur Rebus sangat terasa terutama jika dikonsumsi malam hari sebelum Tidur. Ternyata makan satu butir telur rebus mampu membuat tidur lebih nyenyak dan juga terhindar dari insomnia.

Manfaat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur

Manfaat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur

Karenanya telur rebus dapat kamu masukkan dalam menu makan malam sehat. Akan tetapi manfaat mengkonsumsi telur rebus di malam hari sebelum tidur tidak hanya itu saja. Apa saja manfaat tersebut? Berikut beberapa manfaat makan telur rebus sebelum tidur :

1. Kenyang sepanjang malam

Diantara kalian pasti pernah mengalami setelah makan malam malah tetap berasa lapar menjelang tidur? Hal Ini terjadi ketika apa yang dikonsumsi di malam hari tidak memiliki nutrisi yang cukup, sehingga akan tetap merasa lapar.

Dan apabila terjadi maka akan meningkatkan jumlah porsi makan. Hal ini akan menyebabkan lemak di tubuh dan juga berat badan semakin naik. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, maka sebaiknya konsumsilah telur rebus sebelum tidur.

Telur rebus mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Nah, protein akan meningkatkan asam amino dalam perut sehingga membuat otak berpikir untuk terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

2. Membantu tidur lebih nyenyak

Bagian putih telur ternyata mampu membantu menghasilkan hormon melatonin yang akan membuat rasa ngantuk menjadi cepat. Selain itu, telur juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral, salah satunya asam amino tryptophan yang membuat tidur menjadi lebih lama, nyenyak, dan juga membuat keseluruhan tubuh menjadi rileks.

3. Mengontrol gula darah

Makanan yang tinggi protein ternyata dapat mengontrol gula darah, supaya tidak menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan. Selain itu, telur juga dapat membuat gula darah dalam keadaan seimbang, sehingga keesokan harinya tidak akan mudah merasa lapar dan menginginkan yang macam-macam.

4. Bakar kalori lebih banyak

Telur memiliki kandungan kalori yang rendah. Tiga telur besar yang direbus mengandung sekitar 240 kalori di dalamnya sehingga akan membuat kita kenyang. Selain itu, makanan dengan tingkat protein tinggi seperti telur mampu mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga pembakaran lemak menjadi lebih cepat dan banyak, apalagi ketika tidur di tempat yang dingin.

Tips Merebus Telur

Tidak sedikit dari kita yang belum paham perihal, seberapa lamakah waktu ideal yang diperlukan untuk merebus telur dengan sempurna? Untuk mengantisipasi bagian putih telur yang belum matang namun bagian kuningnya sudah terlalu keras teksturnya.

Merebus telur memang bukan hanya perkara membutuhkan air serta panci saja. Akan tetapi memerlukan juga perhitungan waktu yang tepat. Cara terbaik untuk menghitung waktu merebus yang tepat yakni dengan menggunakan bantuan pengatur waktu, bisa dengan handphone ataupun alat pengatur waktu untuk memasak sesungguhnya.

Selain itu, lebih mudah bila sebelumnya air (banyak) yang ada di dalam panci sudah mendidih di dalam panci sebelum memasukkan telur. Apabila lebih suka kuning telur yang lembut dan berair, maka hanya butuh memasaknya untuk waktu yang singkat, tetapi untuk kuning yang lebih padat dapat memasaknya dalam jangka waktu hingga 12 menit.

Apabila ingin bagian kuningnya sangat lembut bisa direbus dalam jangka waktu 4 menit, untuk kuning yang lembut dapat selama 5 menit, lalu bagi yang suka bagian kuningnya itu bertekstur padat bisa dimasak selama 6 menit, serta waktu rebusan selama 7 sampai 12 menit untuk yang suka telur rebus matang solid seluruhnya.

Tapi harus diingat bahwa walaupun telur sudah dikeluarkan dari air rebusan, nyatanya proses pematangang terus terjadi. Tipsnya yaitu ketika dirasa telur sudah matang lalu telur diangkat dari panci langsung masukkan telur ke dalam air dingin sesegera mungkin.

Setelah telur matang, masukkan ke dalam cawan telur yang diletakkan dengan aman diatas piring. Dan untuk membuka “tutup” telur, ambil pisau tajam dan pukul telur dengan keras di bagian atasnya cukup sekali saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *