Makanan Untuk Penderita Asam Lambung
Kesehatan

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung – Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi naiknya asam lambung. Salah satunya yaitu ketika mengkonsumsi makanan dan minuman yang salah.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit yang gampang-gampang susah dalam penanganannya. Sebab memerlukan perubahan gaya hidup yang baik serta dibekali dengan obat-obatan yang sesuai.

Makanan Untuk Penderita Asam Lambung

Lalu apa saja makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita asam lambung? Berikut ini beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

1. Makanan berserat tinggi

Ini adalah salah satu makanan yang akan membuat perut jadi terasa lebih kenyang, dengan demikian dapat mengantisipasi untuk makan berlebihan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Adapun beberapa jenis makanan berserat tinggi diantaranya yaitu biji-bijian utuh seperti couscous, oatmeal dan beras merah. Selain itu untuk jenis umbi-umbian dapat berupa wortel, bit sayuran hijau, asparagus, brokoli dan kacang hijau.

2. Makanan alkali

Berbagai jenis makanan memiliki tingkat keasaman yang beragam tergantung makanan tersebut. Pada umumnya makanan yang memiliki pH rendah bersifat asam dan biasanya lebih cenderung dapat menyebabkan refluks.

Namun sebaliknya untuk makanan yang memiliki kadar pH lebih tinggi akan bersifat basa dan mampu membantu untuk menetralkan asam lambung. Adapun beberapa makanan yang termasuk dalam makanan bersifat basa yaitu seperti pisang, bunga kol, anggur, kacang, pir, dan juga brokoli.

3. Makanan berair

Jika mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan air cukup banyak tentunya dapat membantu melemahkan bahkan mengencerkan asam lambung. Makanan berair terdiri dari timun, selada, seledri, semangka, teh herbal, serta sup bening.

4. Daging dan seafood tanpa lemak

Untuk penderita asam lambung sebaiknya mengkonsumsi daging dan seafood yang tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan, serta makanan laut yang bisa mengurangi terjadinya gejala refluks. Perlu diketahui bahwa penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi karena dapat menambah produksi asam lebih banyak. 

5. Susu rendah lemak

Siapa bilang penderita asam lambung tidak dapat mengkonsumsi susu ? Perlu diketahui bahwa penderita asam lambung dapat mengkonsumsi susu dengan jenis susu rendah lemak.

Mengapa tidak menggunakan susu tinggi lemak? ini dikarenakan susu tinggi lemak dapat menimbulkan heartburn yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan meninggalkan perut. Untuk itu pilihlah susu rendah lemak dan gula dengan menambahkan probiotik.

6. Pisang

Siapa yang sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Pisang memang salah satu buah yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan, selain itu pisang juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Siapa sangka bahwa ternyata buah pisang ini memiliki manfaat  yang baik untuk penderita asam lambung.

Didalam buah pisang ini memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang menjadikan pisang ini cocok untuk dikonsumsi pada penderita asam lambung. Selain buah pisang ternyata jantung pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk mencegah terjadinya asam lambung. 

7. Roti

Bagi penderita asam lambung apabila ingin mengkonsumsi roti sebaiknya pilih roti yang terbuat dari gandum atau bisa juga dengan menggunakan roti yang mengandung biji, bijian di dalamnya. Tahukah Anda bahwa roti jenis ini merupakan jenis roti yang memiliki banyak kandungan vitamin, serat, serta nutrisi yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *