Makanan Untuk Diet Sehat
Kesehatan

Makanan Untuk Diet Sehat

Makanan untuk Diet Sehat –¬†Makanan untuk diet sehat tentu harus memperhatikan kandungan nutrisi. Seseorang yang sedang menjalani program diet perlu menghindari beragam jenis makanan berminyak serta berlemak.

Makanan Untuk Diet Sehat

Karena makanan berminyak dan berlemak akan mengakibatkan timbunan lemak yang semakin banyak di dalam tubuh. Selain itu, dalam mengatur asupan makanan sehari-hari sebaiknya lebih mengutamakan beragam jenis makanan yang sehat serta rendah kalori.

Hal ini bisa didapatkan dari bermacam jenis sayuran hijau, kacang-kacangan, kentang, hingga ikan. Bukan hanya rendah kalori, beberapa makanan untuk diet sehat ini juga memiliki berbagai macam nutrisi baik untuk tubuh.

Makanan Untuk Diet Sehat Kaya Nutrisi

Dikutip dari dari laman Blodsky, berikut merupakan makanan untuk diet sehat kaya nutrisi serta efektif untuk menurunkan berat badan :

1. Telur Utuh

Makanan kaya nutrisi yang pertama yakni telur utuh. Telur telah dikenal sebagai makanan dengan sumber protein tinggi. Tidak hanya itu, konsumsi telur utuh juga dipercaya mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Pada sebuah studi, 30 wanita yang mengalami kelebihan berat badan diharuskan untuk mengkonsumsi telur sebagai menu sarapan pagi secara rutin. Dengan mengkonsumsi telur saat sarapan juga membuat makan lebih sedikit selama 36 jam dibandingkan sebelumnya.

2. Sayuran Hijau

Menu diet sehat kaya nutrisi selanjutnya bisa didapatkan dari beragam sayuran hijau. Berbagai jenis sayuran hijau memang mengandung serat alami yang baik untuk tubuh. Bukan hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan berbagai nutrisi yang tidak kalah penting.

Seperti zat besi, kalsium, hingga kandungan antioksidan tinggi. Bukan hanya itu, sayuran hijau merupakan jenis makanan yang rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu diet sehat. Seperti bayam, kale, collard dan masih banyak lagi.

3. Sayuran Crucifeorus

Sayuran yang termasuk dalam kategori ini mempunyai kandungan serat serta sumber protein tinggi yang efektif menurunkan berat badan. Selain itu, jenis sayuran ini juga bersifat antikanker sehingga dapat menurunkan risiko serangan penyakit kanker.

Tidak hanya itu, sayuran cruciferous ini juga mempunyai kepadatan energi yang tergolong rendah. Sehingga tidak heran apabila jenis sayuran ini baik dikonsumsi sebagai makanan untuk diet sehat. Sayuran yang termasuk jenis ini antara lain kol, kembang kol, brokoli dan yang lainnya. 

4. Ikan Berminyak

makanan untuk diet sehat kaya nutrisi selanjutnya dapat berasal dari ikan berminyak atau ikan rendah kalori. Konsumsi ikan berminyak diketahui dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

Bukan hanya itu, ikan berminyak ini juga mengandung asam lemak omega-3, yodium, serta berbagai macam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ikan berminyak ini bisa didapatkan dari ikan mackerel, sarden, salmon, trout, dan masih banyak lagi.

5. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak juga termasuk dalam daftar menu diet sehat yang kaya akan nutrisi. Daging tanpa lemak yang tidak diproses merupakan makanan sehat yang dapat secara ampuh menurunkan berat badan.

Daging tanpa lemak ini mengandung protein melimpah sehingga mampu membantu kalian kenyang cukup lama setelah mengkonsumsinya. Dengan begitu, keinginan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak bisa lebih ditekan.

6. Kacang

Diketahui bahwa kacang merupakan salah satu makanan yang mempunyai sumber protein tinggi, lemak sehat, serta kandungan serat baik yang berguna untuk tubuh. Tidak heran, apabila kacang termasuk makanan untuk diet sehat yang ampuh menurunkan berat badan. Selain itu, beragam kandungan nutrisi kacang juga bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat serta bugar.

7. Tuna

Makanan ketujuh yang dapat kamu coba adalah yakni tuna. Tuna diketahui mengandung  protein tinggi yang rendah lemak serta kalori. Sehingga pantas apabila tuna menjadi salah satu rekomendasi menu makanan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan, konsumsi tuna juga bisa membantu pembentukan massa otot tubuh lebih cepat. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi tuna secara rutin.

8. Kentang Rebus

Menu terakhir kaya nutrisi yang dapat kamu coba yaitu kentang rebus. Kentang yang dimasak dengan cara direbus diketahui mampu menghilangkan kandungan lemak yang ada di dalamnya.

Dengan memakan kentang rebus, maka bisa mendapatkan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsi kentang rebus juga bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *