Logam Terkuat di Dunia
Pengetahuan

Logam Terkuat di Dunia

Logam Terkuat di Dunia – Logam seringkali digunakan sebagai perisai atau tameng dalam cerita fiksi seperti pada film Marvels atau Captain America. Dalam cerita tersebut, meski telah terkena serangan yang kuat berkali-kali tameng yang digunakan begitu kuat dan tidak hancur.

6 Logam Terkuat di Dunia

Pernahkan kalian dibuat penasaran dan bertanya-tanya, terbuat dari logam apakah tameng-tameng itu? Ternyata tameng tersebut terbuat dari logam yang sangat kuat. Lalu, logam apa saja yang dimaksud? Berikut beberapa ulasan mengenai logam terkuat di dunia :

1. Tungsten (W)

Tungsten adalah logam yang keberadaannya mudah ditemui di dalam campuran beberapa elemen kimia dan memiliki warna abu-abu. Kepadatan jenis logam ini jangan diragukan, dikatakan bahwa sangat tinggi yaitu 71 persen lebih padat dibandingkan dengan timah, 19.3 kali lebih padat daripada air dan sedikit lebih padat daripada uranium. Oleh sebab itu, logam tungsten ini bisa dinobatkan sebagai salah satu material terkuat di dunia.

2. Osmium (Os)

Osmium merupakan salah satu jenis logam transisi yang mana sangat mudah ditemukan. Ciri dari logam jenis ini adalah dua kali lebih besar daripada timah dengan nilai densitas sebesar 22.59 g/cm3.

Nilai tingkat kekerasan ini didapat dengan melakukan pengukuran memakai hardness tester atau alat ukur kekerasan yang memang dipakai oleh para ilmuwan untuk mengukur tingkat kekerasan pada logam. Ciri lain dari logam jenis ini yaitu mempunyai titik lebur dan kepadatan yang tinggi pula dan kurang lebih menyamai logam tungsten. 

3. Titanium (Ti)

Logam jenis titanium ini memiliki kepadatan yang sedikit lebih rendah bila dibandingkan dengan dua logam sebelumnya. Walaupun demikian logam titanium ini juga merupakan jenis logam yang mempunyai kelenturan tinggi, sangat tahan terhadap korosi dan kekuatan tinggi.

Ciri lain dari jenis logam titanium ini yaitu dilengkapi dengan kekuatan tarik yang mencapai 63.000 psi dan mempunyai titik lebur yang sangat tinggi, hingga mencapai 1.650 derajat Celcius atau sekitar 1.923 K. Dengan berat sekitar 60 persen dari baja, titanium sendiri hampir sama kuatnya dengan baja.

4. Borazon

Borazon adalah jenis logam yang lebih dikenal dengan nama cubic boron nitride atau suatu material yang terbentuk dari hasil pemanasan sejumlah nitrogen pada suhu 1800 derajat Celcius dengan menggunakan tekanan sekitar 7 GPa.

Hal itulah yang membuat logam Borazon masuk dalam kelompok material terkuat di bumi dengan rumus kimia CBN. Logam jenis ini juga biasa dipakai sebagai alat penggiling dan juga alternatif bagi berlian karena mempunyai harga yang lebih murah daripada berlian.

5. Lonsdaleite

Material Lonsdaleite merupakan jenis logam yang mempunyai tingkat kemiripan yang serupa dengan berlian akan tetapi mempunyai tingkat kekerasan yang lebih tinggi. Lonsdaleite ini 58 persen lebih keras bila dibandingkan dengan berlian karena terbentuk dari logam-logam yang sama namun dalam bentuk yang berbeda.

Ketika ada meteorit yang mengandung grafit jatuh ke bumi, material langka ini dapat terbentuk. Para ilmuwan juga sangat berhati-hati dalam memproses logam ini dikarenakan material ini sangat langka.

6. Wurtzite Boron Nitride

Wurtzite Boron Nitride merupakan suatu material yang paling keras di muka bumi dan berhasil menggusur kedudukan berlian. Sebenarnya berlian dan Wurtzite memiliki struktur level yang sama, tetapi karena Wurtzite tercipta dari suhu yang panasnya luar biasa dan tekanan yang sangat tinggi. Layaknya tekanan saat erupsi gunung merapi membuat material ini menjadi material yang bisa lebih keras daripada berlian.

Dan karena sifatnya yang keras menjadikan material ini sebagai bahan dasar pembuatan perkakas dan juga alat potong. Kekerasan dari logam jenis ini yaitu 18 persen lebih keras daripada berlian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *