Kandungan Gizi yang Berfungsi Menjaga Tubuh Tetap Sehat
Kesehatan

Kandungan Gizi yang Berfungsi Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Kandungan Gizi yang Berfungsi Menjaga Tubuh Tetap Sehat – Menjaga daya tahan tubuh merupakan kunci penting agar kita tidak mudah terinfeksi di tengah merebaknya virus corona jenis baru seperti saat ini. Makanan yang kita konsumsi juga turut mempengaruhi tingkat imunitas kita selain olahraga rutin.

Kandungan Gizi yang Berfungsi Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Menurut para ahli, beberapa makanan tertentu dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk meningkatkan daya tubuh, makanan tersebut harus mengandung nutrisi atau gizi penting.

Kandungan Gizi yang Berfungsi Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi atau gizi yang berfungsi menjaga tubuh tetap sehat, antara lain :

1. Vitamin C

Suatu kandungan penting dalam jenis makanan yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas merupakan pengertian dari vitamin C. Sedangkan radikal bebas itu sendiri adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Kita dapat mengkonsumsi makanan seperti Stroberi, Paprika, Jeruk, Brokoli dan Kiwi untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.

2. Vitamin E

Vitamin E juga mengandung anti-oksidan yang kuat sama halnya dengan vitamin C. Terutama di kalangan lansia, riset membuktikan bahwa asupan vitamin E yang cukup penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kita juga dapat mengkonsumsi makanan seperti kacang hazel, biji bunga matahari, minyak biji gandum, selai kacang, dan kacang almond untuk mendapatkan asupan vitamin E yang cukup.

3. Seng

Mineral penting yang dibutuhkan dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh merupakan arti dari seng. Kurangnya kadar seng dalam tubuh bisa merusak fungsi kekebalan tubuh menurut National Institutes of Health atau NIH. Kita bisa mengkonsumsi makanan seperti buncis, kacang mete, tiram, kismis, dan kacang panggang untuk dapat mencegah risiko tersebut.

4. Karotenoid

Suatu pigmen alami di dalam jenis tanaman tertentu adalah karotenoid. Untuk membantu melawan radikal bebas, nutrisi ini juga mengandung anti-oksidan yang kuat. Selain itu, karotenoid ini juga mengandung vitamin A yang bisa membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. kita bisa mengkonsumsi makanan seperti mangga, aprikot, wortel, pepaya dan kubis untuk mendapatkan manfaat tersebut.

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan jenis asam lemak esensial yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terkendali dan membantu menekan peradangan. Kandungan omega-3 ini juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari gangguan sistem imunitas, seperti penyakit artritis reumatoid, ulseratif dan Crohn. Kita bisa mengkonsumsi makanan seperti ikan kacang kenari dan minyak ikan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *