Jenis Kura Kura Air Tawar dan Harganya
Hewan

Jenis Kura Kura Air Tawar dan Harganya

Jenis Kura Kura Air Tawar dan Harganya – Kura-kura adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara dan banyak digemari. Hewan dengan tempurung keras untuk melindungi dirinya ini dapat mempunyai masa hidup yang panjang.

Kura-kura merupakan hewan berdarah dingin, artinya suhu tubuhnya akan mengikuti suhu lingkungannya. Untuk menstabilkan tubuhnya, hewan ini sering berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur juga menjadi cara kura-kura meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari tumbuhnya jamur.

Jenis Kura Kura Air Tawar dan Harganya

Salah satu jenis kura-kura yang banyak dipelihara adalah kura kura air tawar. Selain memiliki keunikan tersendiri, jenis ini juga lebih mudah dipelihara. Bila Anda berminat untuk memelihara jenis kura-kura ini, berikut beberapa rekomendasi jenis kura kura air tawar dan harganya :

1. Kura Kura Brazil

Jenis yang biasa disebut dengan res ini sudah sangat familiar dan mudah untuk dicari. Selain mudah dibudidayakan, jenis ini juga mempunyai harga yang terbilang murah dibandingkan jenis lainnya.

Jenis Kura Kura Air Tawar dan Harganya

Dengan kelebihannya tersebut, bagi Anda yang pemula disarankan untuk memelihara jenis kura-kura Brazil. Kura-kura Brazil sendiri dibanderol dengan harga mulai dari 2 jutaan. Untuk pemberian pakan sendiri jenis ini dapat diberi pakan mulai dari pelet, udang hingga ikan kecil.

2. Kura-kura Ambon

Jenis kura-kura Ambon adalah jenis asli dari negara kita. Meskipun termasuk jenis air tawar, namun sebagian besar waktunya dihabiskan di daratan. Karena merupakan kura-kura asli Indonesia, jenis ini sudah terbiasa dengan iklim di negara kita. Untuk pakannya sendiri kurang lebih sama dengan jenis lainnya. Anakan kura-kura ini dibanderol mulai dari ratusan ribu rupiah, sedangkan untuk yang dewasa bisa mencapai jutaan rupiah.

3. Kura Kura Monbi (Moncong Babi)

Kura Kura Monbi

Hewan yang sebenarnya adalah labi-labi ini sering dianggap sebagai kura-kura dan banyak diperjual belikan. Hewan yang masih satu famili dengan Caretochelidae ini adalah hewan endemik asal Papua. Penyelundupan liar khususnya ke Cina dan Taiwan mengancam kelestariannya, disana kura-kura ini dikonsumsi sebagai obat. Karena cukup langka, harga jenis kura-kura ini bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

4. Common Snapping Turtle (CST)

Common Snapping Turtle

Kura-kura air tawar jenis ini terkenal sebagai yang paling ganas karena bisa menyerang musuh atau makanannya secara tiba-tiba. Dengan perawatan yang baik, jenis CST ini dapat tumbuh hingga 30 – 50 cm. Jenis ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 600.000 – 7 jutaan dengan pakan umumnya seperti jenis lainnya.

5. Alligator Snapping Turtle (AST)

Kura-kura dengan nama latin Macrochelys Temminckii ini diyakini telah ada sejak jaman purba. Habitat alaminya berada di perairan texas hingga florida Amerika tenggara serta sebagian Missouri dan Indiana.

Alligator Snapping Turtle

Jenis ini mempunyai gigitan yang sangat kuat, sehingga Anda harus berhati-hati ketika memeliharanya. Keunikan AST adalah pada tempurungnya yang lebih kasar dan berpola. Untuk anakan jenis AST dapat dibanderol dengan harga 1 – 3 jutaan, tentu untuk yang telah dewasa akan lebih mahal lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *