Colorimeter Sebagai Alat Uji Kualitas Air
Pengetahuan

Colorimeter Sebagai Alat Uji Kualitas Air

Alat Uji Kualitas Air – Manusia diciptakan dengan diberkati dua buah mata dengan kemampuan yang luar biasa. Namun kemampuan pada mata manusia memiliki keterbatasan yang dimana tidak dapat membedakan warna dan corak yang sangat spesifik.

Colorimeter Sebagai Alat Uji Kualitas Air

Spesifik ini dalam penampilan satu sama lain yang sulit dibedakan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dikembangkan alat yang dapat membedakan hal tersebut dengan tepat. Alat ini disebut colorimeter atau alat ukur warna dengan tingkat akurasi yang baik.

Colorimeter Sebagai Alat Uji Kualitas Air

Dengan alat pengukuran ini, kita dapat melakukan pengukuran untuk melihat perbedaan warna pada kandungan air. Seperti halnya pada pabrik pembotolan air yang dimana pekerja pada bagian kontrol kualitasnya mengukur sampel air yang dianggap murni.

Kemudian data pengukuran tersebut akan disimpan di dalam colorimeter atau alat pengukur warna. Lalu pengukuran dilakukan pada kumpulan air lainnya dan instrumen akan memberi tahu kepada pengguna apabila terdapat variasi warna. Selain itu akan mengingatkan kepada mereka kemungkinan air tersebut terkontaminasi.

Selain itu, dengan menggunakan alat ini pengguna juga dapat melakukan pengukuran air limbah yang biasanya berfungsi untuk menentukan tingkat pengotor yang ada didalam kandungannya.

Di bagian ini biasanya teknisi sering melakukan sterilisasi instrumen kepada objek yang dikenal sebagai indeks warna APHA untuk kemudian diaplikasikan sebagai standar pengukuran warna.

APHA merupakan singkatan dari American Public Health Association yang indeksnya diadopsi pada tahun 1892 oleh seseorang yang memiliki nama A.Hazen yang merupakan seorang ahli kimia. Indeks APHA ini pertama kalinya melakukan pengukuran pengotor dalam air limbah dengan cara membandingkan larutan khusus yang memiliki kandungan platinum cobalt.

Colorimeter hadir dengan variasi yang bermacam – macam, ada yang dapat dipegang dengan tangan dan ada juga yang portabel sehingga dapat memudahkan pengguna yang membawanya ke pabrik pengolahan air atau pembotolan untuk mengaplikasikannya.

Selain itu, alat ini juga merupakan alat ukur yang mudah dalam pengoperasiannya dan sudah dilengkapi dengan sejumlah menu serta program yang sesuai dengan banyak tugas pengukuran.

Alat ini juga dapat diaplikasikan untuk mengukur berbagai cairan lainnya seperti obat – obatan, produk minuman, larutan kimia, dan cairan lainnya yang dapat memberi tahu mengenai variasi warna yang terdapat pada standar yang sudah diprogramkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *