Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat
Kesehatan

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat – Salah satu masalah pada gigi dan mulut yang dirasakan paling menyiksa adalah sakit gigi. Selain dapat menyulitkan ketika makan, sakit gigi juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Biasanya sakit gigi tidak tanya sekedar nyeri saja, namun akan disertai dengan gejala lainnya yang tidak kalah menyiksa. Hal ini disebabkan karena rahang dan gusi terdapat pada posisi yang berdekatan dengan gigi yang terinfeksi, sehingga mengalami pembengkakan.

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Sakit gigi akan membuat kita menjadi sulit membuka mulut lebar – lebar, sulit mengunyah makanan, serta dapat meningkatkan kesensitifan terhadap makanan manis dan suhu panas dingin jika tidak cermat memilih makanan atau minuman.

Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat

Apabila dibiarkan, sakit gigi tentu akan menyulitkan aktivitas yang dilakukan, oleh karena itu berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan sakit gigi dengan cepat.

1. Kompres Pakai Es Batu

Tidak hanya sakit gigi dan nyeri yang dirasakan, pasti sakit gigi akan disertai dengan pipi bengkak. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengkompres pipi bengkak tersebut menggunakan es batu.

Ini merupakan salah satu cara meredakan sakit gigi yang paling mudah dan sederhana. Dengan menggunakan es batu, kompresan yang dingin tersebut dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan pendarahan yang terjadi ke dalam jaringan gusi.

Untuk mengaplikasikannya cara ini cukup dengan membungkus beberapa keping es batu dalam handuk kecil kemudian ditempelkan ke area pipi yang membengkak. Kemudian biarkan selama 15 hingga 20 menit dan ulangi hingga tiga kali dalam sehari.

2. Kumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam dipercaya ampuh untuk meredakan sakit gigi. Ini merupakan cara yang paling populer dan banyak diketahui oleh berbagai kalangan. Apabila akan berkumur dengan menggunakan air garam, sebaiknya sebelum itu perlu melakukan flossing gigi terlebih dahulu.

Hal ini berguna untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Selanjutnya larutkan 2 sendok garam dengan menggunakan segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 30 detik, dan buang larutan tersebut jangan sampai ditelan.

3. Obat Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti.

Ingat, jika nyeri di gigi Anda tidak juga membaik, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis ke dokter. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang dapat mengobati sakit gigi karena memiliki antiseptik dan antibiotik yang akan membantu melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan senyawa allicin yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Untuk cara penggunaannya cukup potong bawang putih mentah, lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan mengunyah bawang putih secara langsung dalam waktu beberapa menit.

5. Daun Jambu Biji

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, perlu diketahui bahwa ternyata daun jambu biji memiliki kandungan sifat anti radang. Kandungan ini berguna untuk menyembuhkan luka dan kandungan antimikrobanya membantu meredakan rasa sakit pada gigi dan menghilangkan bau mulut.

Daun jambu biji ini dapat digunakan dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan mengunyah secara langsung atau dapat dengan mencampurkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan kedalam air mendidih sebagai larutan untuk berkumur.

Demikian beberapa cara yang dapat dicoba untuk meredakan sakit gigi dengan cepat. Beberapa cara di atas dapat dilakukan dengan rutin untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *