Cara Mengobati Sakit Tipes Pada Orang Dewasa
Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Tipes Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Sakit Tipes Pada Orang Dewasa – Salah satu penyakit yang cukup sering dialami banyak manusia adalah penyakit tipes atau tifus. Munculnya penyakit ini diakibatkan seseorang mengkonsumsi minuman atau makanan yang terkontaminasi dengan bakteri Salmonella.

Seorang penderita tipes sering kali harus menjalani perawatan di rumah sakit. Gejala tipes sebenarnya bisa diobat dengan mudah sebelum terlanjur parah. Akan tetapi, lebih baik Anda ketahui dulu gejala yang ditimbulkan sebelum mengetahui obatnya.

Cara Mengobati Sakit Tipes Pada Orang Dewasa

Dalam tubuh seseorang, bakteri salmonella ini akan menyerang usus kecil. Kemudian, lanjut menyerang bagian tubuh yang lain, seperti kantung empedu atau hati melalui sel darah putih dan setelah itu seseorang tersebut itu akan merasakan demam tinggi.

Orang yang terserang penyakit tipes juga mempunyai gejala berupa diare, sakit kepala dan penurunan nafsu makan selain demam. Pada beberapa orang juga merasakan nyeri dan sakit pada bagian tubuh tertentu.

Orang yang terkena penyakit tipes biasanya akan diobati dengan antibiotik. Seseorang yang terkena penyakit tipes dengan perawatan benar akan dapat membaik dalam kurun waktu satu hingga dua hari saja. Namun, penyakit tipes akan benar-benar sembuh setelah pasien dirawat selama kurang-lebih 10 hari.

Cara Mengobati Sakit Tipes Pada Orang Dewasa

Penting untuk segera melakukan penanganan, apabila Anda merasakan gejala tipes seperti yang telah disebutkan. Berikut beberapa cara mengobati yang dapat Anda lakukan terutama untuk orang dewasa yang terkena sakit tipes tersebut :

1. Konsumsi Pisang

Salah satu gejala tipes adalah diare seperti yang telah disebutkan. Dengan mengkonsumsi pisang, obat gejala tipes pada orang dewasa bisa didapat. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan kalium didalamnya yang bisa digunakan sebagai pengganti elektrolit yang terkuras akibat diare.

2. Banyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih yang cukup, pencegahan komplikasi tifus bisa dilakukan. Akibat demam, muntah atau diare saat sedang sakit tifus hal ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Minumlah minimal 8 gelas air putih per hari, atau dapat juga dengan kuah sup hangat dan jus buah.

3. Oralit

Larutan oralit bisa dijadikan pilihan untuk obat gejala tipes pada orang dewasa apabila Anda tidak menyukai pisang. Larutan oralit ini banyak tersedia di apotik sehingga cara mendapatkannya pun cukup mudah.

4. Istirahat Total

Ketika Anda didiagnosis tifus, tinggalkan semua aktivitas dan cutilah dari pekerjaan. Sebab, Anda perlu istirahat total apabila ingin cepat sembuh dan sehat. Jaringan dan sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi akan bisa diperbaiki dengan cepat dengan beristirahat, terutama tidur yang cukup. Selain itu, dengan istirahat total juga bisa mencegah penularan tifus pada orang lain disekitar Anda.

5. Bawang Putih

Obat gejala tipes selanjutnya pada orang dewasa yang dapat Anda coba yakni konsumsi bawang putih. Bawang putih mempunyai kandungan antimikroba didalamnya yang dipercaya ampuh  membantu menghilangkan gejala tipes pada seseorang.

6. Jaga Kebersihan Diri

Untuk mencegah penyebaran dan penularan penyakit, penting untuk menjaga kebersihan diri selama Anda mengidap tifus. Dengan air mengalir dan sabun, pastikan untuk mencuci tangan setelah dari toilet, sebelum makan dan saat akan menyiapkan makanan. Apabila hal ini tidak Anda lakukan, dapat menyebarkan bakteri ke orang lain atau benda di sekitar yang Anda sentuh dan berakibat bisa menularkan penyakit tifus ke orang lain.

Walaupun bisa dengan mudah menemukan obat gejala tipes orang dewasa, namun bukan berarti gejala tipes dapat langsung pergi. Segera mengunjungi dokter untuk mendapat perawatan yang tepat, apabila gejala tak kunjung berkurang, atau kondisi Anda terasa semakin buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *