Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang
Kesehatan

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang – Sebenarnya ada berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya gigi berlubang. Jika kondisi gigi berlubang, tentu saja hal ini akan membuat kita menjadi kesulitan ketika mengunyah makanan.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Dengan demikian maka menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting agar mengantisipasi terjadinya berbagai hal buruk pada kesehatan diri kita. Selain dapat menimbulkan gusi menjadi bengkak, ternyata gigi berlubang juga dapat menyebabkan hal berikut :

  • rasa sakit.
  • jarak gigi jadi merenggang.
  • terjadinya bau mulut yang tidak sedap.
  • terjadi pendarahan pada gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa gusi bengkak akibat gigi berlubang merupakan gangguan kesehatan mulut yang rasanya sudah sering terjadi dan dialami oleh sebagian orang. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang.

1. Air Garam

Salah satu alternatif sederhana yang dapat mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang yaitu dengan menggunakan air garam yang dilarutkan dengan segelas air hangat dan digunakan untuk berkumur-kumur ketika pagi dan malam hari.

Berkumur juga dapat dilakukan setelah selesai makan agar gusi yang bengkak bisa segera pulih. Perlu diketahui bahwa air garam ternyata memiliki kandungan antiinflamasi yang ampuh untuk mengatasi peradangan. Selain itu, air garam juga dapat menyeimbangkan pH mulut yang dapat memudahkan proses penyembuhan gusi bengkak.

2. Jahe

Di dalam kandungan jahe terdapat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat berfungsi sebagai pereda gusi bengkak. Pengaplikasiannya juga terbilang mudah karena hanya membutuhkan sepotong jahe kecil yang dihaluskan lalu  dicampur dengan ½ sendok teh garam.

Kemudian diaduk hingga menjadi pasta dan pasta tersebut diaplikasikan pada gusi yang bengkak lalu di diamkan selama 10 hingga 12 menit. Jika sudah maka selanjutnya berkumur dengan menggunakan air biasa. Hal ini dapat dilakukan dua kali atau tiga kali sehari.

3. Air Lemon

Tidak hanya jahe, air lemon juga memiliki kandungan antimikroba yang dapat mencegah infeksi serta dapat menyeimbangkan pH mulut. Untuk membuat racikannya juga mudah, caranya yaitu hanya menambahkan 1 sdm air lemon dengan satu gelas air hangat.

Namun bisa juga ditambahkan dengan 1 hingga 2 tetes sari bunga mawar, kemudian aduk hingga merata dan jika sudah selesai gunakan campuran tersebut untuk berkumur dalam dua kali sehari.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang memiliki kandungan anti bakteri ternyata berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut. Cara  penggunaannya yaitu dengan merebus daun jambu biji terlebih dahulu dan air rebusan jambu biji tersebut dapat digunakan untuk berkumur. Cara ini dipercaya dapat mengobati gusi yang bengkak agar cepat kempes.

5. Belimbing Wuluh 

Tahukah Anda bahwa ternyata belimbing wuluh memiliki khasiat dalam membasmi bakteri yang ada di dalem mulut. Dalam penggunaannya, belimbing wuluh yang belum matang biasanya dicuci terlebih dahulu, kemudian ditumbuk hingga halus. Apabila sudah halus, belimbing tersebut dapat dioleskan pada gusi yang bengkak.

6. Bawang Merah

Bawang merah yang didalamnya mengandung antiseptik ternyata ampuh juga untuk membunuh kuman. Untuk cara penggunaannya juga tidak terlalu rumit, caranya yaitu cukup siapkan satu siung bawang merah dan satu sendok teh garam. Kemudian tumbuk hingga halus, apabila sudah halus maka dapat diaplikasikan pada gusi yang bengkak.

7. Bawang Putih

Tidak lepas dari bawang bawang merah, ternyata salah satu bumbu dapur ini juga memiliki manfaat sebagai antiseptik alami yang dapat membantu mengobati gusi bengkak. Cukup siapkan satu siung bawang putih dan satu sendok teh garam. Lalu tumbuk hingga halus dan selanjutnya dapat diaplikasikan langsung ke gusi yang bengkak.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Lakukan dengan rutin agar gusi yang bengkak karena gigi berlubang dapat segera pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *