Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Muka
Kecantikan, Kesehatan

Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Muka

Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Muka –¬†Bekas cacar yang ada di wajah atau di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian dan tidak mau hilang memang dapat dibilang mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, yuk cari tahu cara mengatasinya.

Bekas cacar termasuk dalam jenis bekas luka atrofi. Bekas luka atrofi itu sendiri merupakan bekas luka yang terbentuk akibat kulit kehilangan kolagen ketika terjadi peradangan. Bekas luka jenis ini juga akan membuat kulit menjadi tampak tidak rata dan menjadi cekung.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Muka

Selain diakibatkan oleh suatu peradangan, bekas cacar juga dapat disebabkan oleh garukan. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk tidak menggaruk kulit saat mengalami cacar, hal itu bertujuan agar tidak terbentuk bekas luka.

Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Muka

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyamarkan bekas cacar yang sudah terlanjur muncul dan ada, antara lain :

1. Oleskan madu

Selain manfaat madu yang lezat dan sehat untuk dikonsumsi secara langsung, madu juga ternyata dapat digunakan untuk menyamarkan bekas cacar.

Cara yang dapat dilakukan yaitu pada malam hari sebelum tidur, oles madu terlebih dahulu ke bekas cacar. Kemudian, menggunakan perban tutup bekas cacar tersebut. Dan pada pagi harinya, buka perban serta basuh bekas cacar itu dengan air hangat.

2. Pijat dengan minyak kelapa

Langkah alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas cacar adalah dengan memijat bekas luka cacar menggunakan minyak kelapa. Dengan membalurkan beberapa tetes minyak kelapa pada bekas cacar sambil melakukan pijatan ringan selama kurang lebih 10 menit.

Hal ini dapat menjadi langkah yang dapat dilakukan untuk memudarkan bekas cacar yang ada. Setelah itu biarkan minyak kelapa menyerap ke dalam kulit selama kurang lebih satu jam dan lakukanlah hal ini sebanyak 2 hingga 4 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Lakukan eksfoliasi kulit

Hal yang dapat dilakukan untuk membantu menyamarkan bekas cacar lainnya yaitu melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah cara untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi kulit juga memiliki dua jenis yaitu eksfoliasi menggunakan bahan kimia atau chemical peeling dan eksfoliasi secara mekanik.

Sebelum melakukan eksfoliasi kulit menggunakan bahan kimia disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu. Eksfoliasi kulit dengan cara ini memakai bahan kimia bisa dilakukan dengan mengoleskan krim atau cairan khusus yang bisa mengelupas kulit.

Sedangkan eksfoliasi mekanik bisa dilakukan dengan alat eksfoliasi lain, seperti mikrodermabrasi atau menggosokkan scrub pada area bekas cacar. Eksfoliasi mekanik dengan scrub dapat dilakukan setiap 3 hari sekali dan dilakukan sendiri di rumah.

4. Oleskan krim retinol

Retinol merupakan  jenis vitamin A yang bisa merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Selain itu kandungan retinol ini juga dapat mengatasi bekas cacar yang cekung. Gunakan krim retinol secara rutin setiap malam untuk hasil yang maksimal. Hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter, apabila kulitmu menjadi iritasi saat menggunakan krim retinol.

5. Tempelkan gel silikon

Mengoleskan gel silikon pada kulit merupakan cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas cacar. Gel silikon sendiri juga memiliki manfaat dapat meratakan warna dan melembutkan bekas cacar.

Anda dapat meletakkan gel silikon pada kulit yang mengalami bekas cacar kurang lebih 12 jam per hari, agar menghasilkan hasil yang maksimal. Akan tetapi perlu diingat, konsultasikan dulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan gel silikon.

6. Gunakan tabir surya

Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada kulit ketika beraktivitas di luar ruangan. Hal ini karena kulit yang mempunyai bekas cacar akan lebih sensitif atau rentan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Untuk menghilangkan bekas cacar yang mengganggu penampilan, Anda dapat melakukan cara-cara di atas. Dan pastikan agar pilihan penanganannya dapat disesuaikan dengan kondisi kulit Anda, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *