Cara Menghias Halaman Rumah Dengan Bunga
Pengetahuan

Cara Menghias Halaman Rumah Dengan Bunga

Cara Menghias Halaman Rumah Dengan Bunga – Di halaman rumah punya banyak bunga atau tanaman hias serta bingung bagaimana cara menghiasnya agar terlihat cantik dan rapi? Karena pada dasarnya, bunga secantik apapun jika disimpan di tempat yang sembarangan akan terlihat kurang indah.

Cara Menghias Halaman Rumah Dengan Bunga

Cara Menghias dan menata Bunga Depan Rumah

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menghias dan menata bunga agar halaman Anda terlihat lebih menarik. Berikut beberapa cara menghias bunga depan rumah, antara lain :

1. Pengelompokan Jenis Bunga

Dengan cara mengelompokkan bunga atau tanaman hias, Anda dapat menatanya secara rapi. Di satu sudut di depan rumah Anda, bariskan tanaman hias yang berjenis sama tersebut. Pengelompokan tanaman hias ini berguna membuat area terlihat tidak berantakan dan lebih serasi.

2. Sesuaikan Barisan

Berikutnya beri jarak antar tanaman dan buat barisan yang jelas, jika sudah dikelompokkan dan dibariskan. Tentukan apakah Anda ingin membuat barisan yang persegi, bulat, melengkung atau bentuk apapun sesuai yang Anda inginkan.

Apabila halaman berbentuk kotak, Anda bisa membariskan tanaman dengan bentuk melengkung agar terlihat kontras atau sesuaikan barisan dengan kondisi luas halaman. Agar membuat halaman terlihat tidak kaku, Anda bisa menata tanaman hias secara kontras dengan bentuk halaman.

3. Membuat Titik Pusat

Buat sebuah titik pusat agar pandangan tertarik pada 1 jenis tanaman yang dibuat menjadi ikon halaman dan lebih terlihat memikat. Pilih tanaman yang terlihat beda dengan bunga lainnya dan berjenis unggul. Hal ini bisa membuat halaman rumah terlihat tidak monoton dan lebih unik.

4. Mengatur Posisi Tanaman

Sesuai dengan tinggi tanaman, atur posisi tanaman tersebut. Letakkan tanaman yang pendek di bagian depan dan untuk tanaman yang lebih tinggi di bagian belakang. Hal tersebut membuat semua tanaman tidak tertutupi oleh tanaman lain dan terlihat dengan jelas.

5. Lakukan Eliminasi

Ganti tanaman atau bunga Anda yang layu, kering dan sudah tidak sehat dengan tanaman atau bunga yang masih sehat. Hal tersebut bisa membuat halaman terlihat selalu adem dan segar.

6. Lihat Keselarasan

Agar tanaman terlihat lebih rapi dan membuat orang-orang nyaman memandangnya, aturlah dengan melihat keselarasan tanaman hias dan halaman yang Anda miliki.

Penyimpanan Bunga atau Tanaman Hias

1. Manfaatkan Rak Tanaman

Anda dapat menyimpan bunga atau tanaman di rak tanaman apabila Anda mempunyai halaman yang kecil. Tanpa memakan banyak tempat, rak tanaman membuat Anda bisa menyimpan banyak tanaman hias. Pilih rak gaya rustic apabila Anda menginginkan halaman rustic atau pilih rak dengan gaya yang sesuai dengan gaya halaman Anda.

2. Memakai Pot Gantung

Untuk menyimpan bunga atau tanaman hias kesayangan, Anda juga dapat memakai pot gantung. Pemakaian pot gantung berukuran kecil bisa membuat halaman Anda menjadi terlihat lebih minimalis. Sedangkan untuk tanaman hias yang rindang dan dapat membuat halaman terlihat lebih asri gunakan pot gantung besar.

3. Memaksimalkan Sudut Halaman

Anda bisa memaksimalkan sudut halaman rumahmu apabila Anda menginginkan halaman yang terasa luas. Agar tengah halaman menjadi terlihat lebih lenggang dan kosong, simpan semua tanaman hias Anda di sudut halaman.

4. Vertical Garden

Jika halaman rumah Anda kurang luas, vertical garden dapat menjadi solusi. Taman iniĀ  biasanya menempel pada dinding atau pagar rumah dan berada dalam wujud vertikal.

5. Letakkan di Area Tangga

Letakkan tanaman hias atau bunga pada tangga rumah Anda. Hal ini bisa membuat area tangga terlihat lebih indah dan menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *