Cara Menanam Bunga Kamboja Dengan Stek Batang
Pengetahuan

Cara Menanam Bunga Kamboja Dengan Stek Batang

Cara Menanam Bunga Kamboja Dengan Stek Batang – Karena sering ditemukan tumbuh di sekitar tanah pekuburan, bunga kamboja ini pasti selalu diidentikkan dengan sesuatu yang berbau mistis dan hingga kini, anggapan itu masih terbawa.

Cara Menanam Bunga Kamboja Dengan Stek Batang

Padahal yang terjadi adalah orang-orang tua zaman dahulu menanam tanaman kamboja di tanah pekuburan karena pohonnya yang bisa tumbuh besar hingga membentuk kanopi yang teduh. Dengan begitu, orang-orang yang datang berziarah di kuburan dapat berlindung secara langsung dari teriknya cahaya matahari.

Bunga kamboja juga justru banyak digunakan di Bali dan dijadikan icon untuk menyambut datangnya para turis dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya itu, penggunaan bunga ini juga untuk acara-acara sakral seperti persembahan ataupun penyembahan dewa-dewa. Kecantikan bunga kamboja itu sendiri tidak lepas sebagai sarat akan adat dan budaya.

Warna bunga kamboja yang banyak ditemui adalah berwarna putih dengan sentuhan kuning  di bagian dalam kelopaknya, namun selain itu ada banyak ragam warna dari bunga ini. Tekstur bunganya sendiri tebal, licin dan kuat.

Cara Menanam Bunga Kamboja Dengan Stek Batang

Bahkan, walaupun bunganya telah jatuh dari pohonnya, tetap dapat bertahan beberapa hari kedepan. Sedangkan tekstur dari daun tanaman ini tebal dan hijau mengkilap. Berikut beberapa panduan pelaksanaan penanaman tanaman kamboja dengan stek batang, antara lain :

  • Gunakan tanaman kamboja yang tidak memiliki cacat atau penyakit di bagian-bagian tanamannya, sehat dan sudah tua.¬†
  • Potong bagian batang dengan ukuran sekitar 20 cm, kemudian selama satu minggu simpan batang tersebut di tempat lembab dan teduh.
  • Daun-daun yang ada pada batang dibuang atau jika diperlukan sisakan dua helai daun saja. Pembersihan daun dilakukan untuk mengurangi penguapan tanaman saat proses penyetekan karena daun-daun yang banyak pada batang yang akan di stek bisa membuat tanaman mengalami penguapan.
  • Selanjutnya, oleskan batang yang telah dipotong tersebut dengan larutan perangsang pertumbuhan akar atau dapat juga dengan langsung mencelupkannya pada larutan tersebut. Langkah ini bertujuan untuk memancing pertumbuhan akar.
  • Siapkan media tanam seperti menggunakan wadah pot yang berisi sekam bakar yang dicampur dengan arang.
  • Setelah itu, batang yang telah Anda potong dapat ditanam dengan cara menancapkannya pada media tanam yang telah disiapkan.
  • Karena kamboja menyukai paparan sinar matahari langsung, pastikan lebih baik meletakkannya di luar ruangan.

Dengan melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin, rawat tanaman kamboja Anda secara baik. Tanaman ini juga termasuk dalam kategori tidak begitu harus diperhatikan atau low maintenance.

Walaupun menghasilkan bunga-bunga yang indah dan wangi, tanaman kamboja bukan tanaman manja. Anda hanya perlu memperhatikan letaknya dan jenis tanah yang digunakan. Jangan jauhkan dari paparan sinar matahari dan gunakan tanah porus yang tidak mudah menyerap air.

Pastinya Anda sudah tidak ragu lagi untuk langsung menanam dan mempraktekkannya di rumah Anda setelah mengetahui cara menanam kamboja dengan stek batang. Dengan begitu, Anda akan lebih merasa puas karena kamboja tersebut hasil tanam tangan Anda sendiri dan memperolehnya bunga-bunga kamboja yang ditata di pekarangan atau teras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *