Buah Untuk Penambah Darah
Kesehatan

Buah Untuk Penambah Darah

Buah Untuk Penambah Darah – Anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit dalam tubuh. Sehingga akan menyebabkan pengantaran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh menjadi terganggu.

Buah Untuk Penambah Darah

Hal inilah yang menyebabkan gejala anemia, seperti lelah, sakit kepala, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, serta sesak napas. Apabila tidak segera ditangani, anemia akan mengganggu aktivitas. Untuk itu, cukupilah nutrisi harian yang sekiranya memang dibutuhkan oleh sel darah merah.

Buah Untuk Penambah Darah

Apalagi jika sedang menstruasi atau hamil maupun menyusui. Karena, ketiga kondisi ini kerap kali memicu gejala anemia yang cukup parah. Apa saja buah penambah darah paling cepat yang efektif? Berikut beberapa di antaranya :

1. Apel

Apel merupakan buah segar dan renyah, yang kelezatannya tidak diragukan lagi. Apel memiliki kandungan vitamin lengkap dan kaya zat besi juga. Zat besi merupakan mineral yang memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya meningkatkan haemoglobin di dalam darah.

2. Buah semangka

Buah semangka dapat dijadikan buah penambah darah saat haid yang lumayan efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Selain banyak mengandung vitamin C, kandungan zat besi dalam semangka juga lumayan tinggi. Satu potong semangka, memiliki kandungan zat besi sebanyak 1,5 gram.

Nah, kandungan zat besi inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah sel darah merah terutama saat sedang haid. Dengan mengkonsumsi buah penambah darah merah ini, maka tidak akan lagi merasa lemas dan pusing selama menstruasi.

3. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah penambah darah yang baik untuk lambung karena tidak mengandung acid serta memiliki rasa yang manis. Buah kering ini memiliki kandungan kadar zat besi dan vitamin B yang ampuh untuk mengatasi anemia. Dalam 100 gram kurma, terkandung 14 mg vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi jadi lebih efektif.

Memiliki rasa yang manis membuat aman untuk dikonsumsi para penderita asam lambung. Akan tetapi, dokter tidak menyarankan penderita diabetes mengkonsumsi kurma karena gulanya cukup tinggi.

4. Buah Naga

Buah naga untuk penambah darah dapat dikonsumsi ibu hamil selama porsinya tidak berlebihan. Buah penambah darah untuk ibu hamil ini bukan larangan yang harus dihindari. Justru kandungan zat besi serta vitamin C-nya mampu mengurangi risiko anemia selama kehamilan.

Tapi untuk ibu hamil, ada batasan konsumsi buah naga yang disarankan, yakni sekitar 300 gram atau satu buah naga berukuran besar saja. Selain dijadikan buah penambah darah rendah ibu hamil, buah naga juga mampu menurunkan risiko kanker dan melawan stres oksidatif atau radikal bebas melebihi kapasitas tubuh.

5. Delima

Delima dapat dijadikan cocok untuk ibu menyusui karena memiliki sumber zat besi yang dapat membuat kadar Hb dalam tubuh naik lebih cepat. Dalam buah delima memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan tinggi yang jumlahnya lebih tinggi dari teh hijau. Daripada meminum teh hijau tiap pagi, lebih baik membuat jus delima agar zat besi cepat naik dan Hb dalam tubuhmu pun meningkat.

Selama dikonsumsi dengan rutin dan sesuai porsi yang disarankan, sayur dan buah penambah darah di atas akan efektif untuk mengatasi masalah kurang darah atau Hb yang rendah. Akan lebih baik bila mengonsumsi buah penambah darah ini untuk mencegah anemia, terutama saat sedang menstruasi, hamil, dan menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *